Sabtu, 24 Maret 2012

Mengaktifkan mode readmore dengan memaksimalkan Fitur "insert jump break"


Menghias, dan memperindah tampilan blog dengan fitur  "insert jump break" menjadikan blog kita tampil lebih perform dan maksimal, saya yakin ada pernah berkunjung ke blog yang memili desain halaman utama atau “Home” berisi beberapa artikel dalam satu halaman, dan tiap-tiap artikel tersekat dengan tombol “readmore”, atau “baca selengkapnya”. Coba perhatikan blog tersebut tambah lebih indah dan memberikan kemudahan navigasi bukan ? Sehingga untuk membaca selengkapnya tinggal mengklik tombol “readmore”, atau “baca selengkapnya” maka tampilah isi postingan yang dimaksud.

Tanpa fitur ini saat blog kita baru dibangun mungkin tidak akan jadi masalah karena baru berisi sedikit postingan, Namun saat blog kita sudah berisi banyak postingan dengan materi artikel yang panjang sudah tentu fitur ini akan menjadi berguna karena dapat mempersingkat tampilan blog dan menampilkan lebih banyak postingan dengan cara lebih ringkas pada halaman utama atau “home” saat diakses.

Sebenarnya fitur tersebut sudah tersedia didalam halaman admin dibagian edit hmtl  blogspot kita. Khususnya pada versi editor terbaru dengan memaksimalkan fungsi  "insert jump break" untuk membentuknya, penasaran ? kita lanjutkan dengan mengikuti panduan dibawah ini guna mensetting blog milik kita.

Tutorial menampilkan tombol “continue reading" atau "baca selanjutnya" dengan fitur "insert jump break" pada versi baru editor blogspot. (Perhatikan juga Gambar)
  • Pertama login terlebih dahulu untuk masuk kedalam editor hmtl blogspot di http://www.blogger.com 
  • Jika anda sudah berhasil login, dan masuk ke halaman dashboard, klik tombol “posting”, lalu pilih tombol “edit entri”, lalu pilih edit pada postingan mana yang ingin kita aktifkan fitur "insert jump break". 
  • Saat sudah masuk pada isi postingan yang ingin anda edit, letakan krusor pada posisi atau paragraph  yang ingin anda sekat atau batas ditampilkan pada “readmore” atau “baca selengkapnya”, dilanjutkan dengan menekan tombol  "insert jump break", maka halaman akan automatis diberi penyekat atas batas di editor blogspot. 
  • Selanjutnya  tekan tombol “publish” atau terbitkan entri, maka anda sudah bisa melihat halaman “home” untuk postingan tersebut dibatasi dengan diakhiri oleh sebuah tombol atau link “baca selengkapnya”.

Mudah bukan? Untuk memperintah dan membentuk tampilan halaman depan menjadi lebih menarik, dan jika anda ingin menampilkan semua posting artikel anda dengan tombol  “readmore” atau “baca selengkapnya” tinggal mengulang atau menerapkan hal yang sama dengan melakukan editing  sesuai  tutorial diatas pada tiap-tiap artikel postingan anda.

Tentu saja anda harus menyesuaikan tampilan halaman utama atau atau home pada blog anda agar halaman utama bisa menampilkan 5, 6, 7, atau sesuai kemauan anda dari jumlah artikel yang ditampilkan per halamannya. 

Blog anda sekarang sudah semakin cantik, dan menarik dengan fitur navigasi yang semakin mudah dan membantu pengunjung dalam mengaksesnya, tetapi kalau belum menggunakan fitur  "insert jump break" silahkan untuk mencobanya terlebih dahulu.

Related Posts :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar